Hallo Matematika Mania

Standar

Pak Supri, Pahlawan Kebersihan SMAN 1 Talang Kelapa

Setiap pagi, di sekolah kami banyak karyawan bekerja membersihkan kelas dan lingkungan asrama. Salah satunya, seorang bapak yang biasa dipanggil Pak Kuncung. Nama lengkapnya Antonius Daryanto, lahir 4 Januari 1966 di Ngentak, Sumber. Ia mulai bekerja di SMA PL Van Lith sejak tahun 2000. Pekerjaan sehari-harinya adalah membersihkan kelas dan halerai kelas sebelum dan sesudah siswa-siswi Van Lith menerima pelajaran dari para pamong. Pada saat anak-anak belajar di sekolah, ia membersihkan halerai unit, kamar mandi, dan WC di asrama putra, sambil menyita pakaian yang diletakkan tidak pada tempatnya.

“Baju di kamar mandi yang diletakkan begitu saja dan pakaian yang jatuh dari jemuran akan saya sita,” tutur bapak berhobi main gamelan yang menjadi Seksi Liturgi dalam kepengurusan lingkungan di tempat tinggalnya.

Memang Pak Kuncung terkenal di kalangan siswa Van Lith sebagai tukang sita baju. Baju yang tergeletak sembarangan akan diambilnya dan untuk menebusnya harus membayar Rp.1000. Inilah salah satu dedikasinya dalam menciptakan kedisiplinan yang terus dilatih sejak dini. Akhir-akhir ini tugasnya bertambah lagi, sekarang ia harus membersihkan taman di dekat lapangan basket.

Banyak suka duka dialaminya selama bekerja di Van Lith. Menurutnya, hal menyenangkan selama bekerja adalah anak-anak di SMA Van Lith kebanyakan ramah. Memang ada beberapa anak yang nakal tetapi tidak menjadi masalah karena dengan adanya anak-anak nakal itu ia bisa belajar bergaul dengan anak muda.

Tentang dukanya, Pak Kuncung mengatakan, dalam suatu kehidupan khususnya saat bekerja, memang harus ada dukanya. Dukanya bekerja di Van Lith adalah banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Apalagi dengan adanya lomba kebersihan yang baru-baru ini diikuti oleh SMA Van Lith, membuat ia harus bekerja lebih keras agar SMA Van Lith dapat memenangkan lomba tersebut.

Begitulah Pak Daryanto atau Pak Kuncung dalam kehidupan sehari-harinya sebagai Pahlawan Kebersihan SMU PL Van Lith, seorang yang rendah hati namun berdedikasi tinggi bagi sebuah makna kedisiplinan yang harus ditegakkan sejak dini. (Ponco)

RENUNGAN BAGI MATEMATIKA MANIA

Muadz bin Jabal berkata : Belajarlah ilmu karena belajar itu hasanah (kebaikan), mencari ilmu ibadah, mengingatnya sama dengan tasbih, menyelidikinya sama dengan jihad, mengajar kepada yang tidak mengetahui itu sedekah, dan memberikan kepada yang berhak itu taqurrub. Sebab ilmu itu jalan untuk mencapai tingkat-tingkat di surga. Ia menghibur di kala sendirian, kawan dalam pengasingan, teman dalam kesepian, penunjuk jalan kesenangan, penolong menghadapi kesukaran, keindahan di tengah kawan-kawan, dan senjata untuk menghadapi lawan.

(Dikutip dari Kitab Tanbihul Ghafilin 2 Karya Abullaits Assamarqandi)

 

INI DIA 11 FATWA MUI

1. MUI Mengharamkan pelanggaran hak atas kekayaan intelektual termasuk hak cipta.

2. MUI mengharamkan perdukunan dan peramalan termasuk publikasi hal tersebut dimedia

3. MUI mengharamkan doa bersama antar agama, kecuali doa menurut keyakinan atau ajaran    agama masing-masing, dan mengamini pemimpin doa yang berasal dari agama Islam. Fatwa ini dikeluarkan karena doa bersama antar agama dianggap sebagai sesuatu yang  bid’ah atau tidak diajarkan dalam syari’ah agama Islam

4. MUI mengharamkan kawin beda agama kecuali tidak ada lagi muslim atau muslimah untuk dinikahi.

5. MUI mengharamkan warisan beda agama kecuali dengan wasiat dan hibah.

6. MUI mengeluarkan kriteria maslahat atau kebaikan bagi orang banyak.

7. MUI mengharamkam pluralisme (pandangan yang menganggap semua agama sama), sekularisme, dan liberalisme.

8. MUI memfatwakan, hak milik pribadi wajib dilindungi oleh negara dan tidak ada hak bagi negara merampas bahkan memperkecilnya, namun jika berbenturan dengan kepentingan     umum yang didahulukan adalah kepentingan umum. Pemerintah dapat mencabut hak pribadi untuk kepentingan umum jika dilakukan dengan cara musyawarah dan tanpa paksaan serta harus menyediakan ganti rugi dan tidak untuk kepentingan komersial.

9. MUI mengharamkan perempuan menjadi imam sholat selama ada pria yang akil baliq.

10.MUI mengharamkan aliran Ahmadiyah.

11.MUI memperbolehkan hukuman mati untuk tindak pidana.

 

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s