silabus adalah standar isi yang terpenting dari bahan ajar yang harus disampaikan kepada siswa

SILABUS

 

Nama Sekolah              : SMA

Mata Pelajaran             : MATEMATIKA

Kelas/Program             : XII / IPS

Semester                      : 1

 

STANDAR KOMPETENSI:

1.     Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah sederhana.

 

Kompetensi Dasar

Karakter

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Waktu

Sumber Belajar

 

1.1  Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu

 

 

 

 

  • Gemar membaca
  • Rasa ingin tahu
  • Mandiri
  • Kreatif
  • Kerja keras
  • Disiplin
  • Jujur

 

 

  • Integral tak tentu
  • Integral tentu

 

 

  • Mengenal integral tak tentu sebagai anti turunan
  • Menentukan integral tak tentu dari fungsi sederhana
  • Merumuskan integral tak tentu dari fungsi aljabar
  • Merumuskan sifat-sifat integral tak tentu
  • Melakukan latihan integral tak tentu
  • Mengenal integral tentu sebagai luas daerah di bawah kurva
  • Mendiskusikan teorema dasar kalkulus
  • Merumuskan sifat integral tentu
  • Melakukan latihan soal integral tentu
  • Menyelesaikan masalah aplikasi integral tak tentu dan integral tentu

 

 

  • Merancang aturan integral tak tentu dari aturan turunan.

 

 

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

 

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

10 x 45’

 

Sumber:

  • · Buku Kompetensi Matematika Kelas XII Jilid 3 Program IPS, Johanes, dkk, Penerbit Yudhistira
  • · Buku referensi lain
  • · Jurnal
  • · Internet

 

Alat *):

  • · Laptop
  • · LCD
  • · OHP
 

1.2  Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar sederhan

 

  • Gemar membaca
  • Rasa ingin tahu
  • Mandiri
  • Kreatif
  • Kerja keras
  • Disiplin
  • Jujur
  • Komuni katif
  • Toleransi
  • Tanggng jawab

 

 

Teknik  pengintegralan:

  • Substitusi
  • Parsial
 

  • Membahas Integral sebagai anti deferensial
  • Mengenal berbagai teknik pengintegralan (substitusi dan parsial)
  • Menggunakan aturan integral untuk menyelesaikan masalah
 

  • Menjelaskan integral tentu sebagai luas daerah di bidang datar
  • Menghitung integral tak tentu dari fungsi aljabar
 

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

 

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

10 x 45’

 

Sumber:

  • · Buku Kompetensi Matematika Kelas XII Jilid 3 Program IPS, Johanes, dkk, Penerbit Yudhistira
  • · Buku referensi lain
  • · Jurnal
  • · Internet

 

Alat *):

  • · Laptop
  • · LCD
  • · OHP
 

1.3  Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva

 

 

  • Gemar membaca
  • Rasa ingin tahu
  • Mandiri
  • Kreatif
  • Kerja keras
  • Disiplin
  • Jujur

 

 

Menghitung luas daerah

 

 

  • Mendiskusikan cara menentukan luas daerah di bawah kurva (menggambar daerahnya, batas integrasi)
  • Menyelesaikan masalah luas daerah di bawah kurva

 

 

 

 

  • Menghitung integral  tentu dari fungsi aljabar
  • Menghitung integral tentu dari fungsi aljabar
  • Merumuskan integral tentu untuk luas suatu daerah dan menghitungnya

 

 

 

14 x 45’

 

Sumber:

  • · Buku Kompetensi Matematika Kelas XII Jilid 3 Program IPS, Johanes, dkk, Penerbit Yudhistira
  • · Buku referensi lain
  • · Jurnal
  • · Internet

 

Alat *):

  • · Laptop
  • · LCD
  • · OHP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

STANDAR KOMPETENSI:

2.     Menyelesaikan masalah program linear

 

Kompetensi Dasar

Karakter

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Waktu

Sumber Belajar

 

2.1  Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel

 

 

 

  • Gemar membaca
  • Rasa ingin tahu
  • Mandiri
  • Kreatif
  • Kerja keras
  • Disiplin
  • Jujur

 

 

Program  linear

 

  • Menyatakan masalah sehari-hari ke  dalam bentuk sistem pertidaksamaan linear dengan dua peubah.
  • Menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan linear
  • Menyatakan himpunan penyelesaian pertidaksamaan linear dua variabel
 

  • Mengenal arti sistem pertidaksamaan linear dua variable
  • Menentukan penyelesaian sistem pertidaksaman linear dua variabel
 

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

 

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

12 x 45’

 

Sumber:

  • · Buku Kompetensi Matematika Kelas XII Jilid 3 Program IPS, Johanes, dkk, Penerbit Yudhistira
  • · Buku referensi lain
  • · Jurnal
  • · Internet

 

Alat *):

  • · Laptop
  • · LCD
  • · OHP

 

 

2.2  Merancang model matematika dari masalah program linear

 

 

  • Gemar membaca
  • Rasa ingin tahu
  • Mandiri
  • Kreatif
  • Kerja keras
  • Disiplin
  • Jujur
  • Gemar membaca
  • Rasa ingin tahu
  • Mandiri
  • Kreatif
  • Kerja keras
  • Disiplin
  • Jujur

 

 

  • Model matema-tika
  • Program linear
 

  • Mendiskusikan berbagai masalah program linear
  • Membahas komponen dari masalah program linear: fungsi objektif, kendala
  • Menggambarkan daerah fisibel dari program linear
  • Membuat model matematika dari suatu masalah aplikatif program linear

 

 

 

  • Mengenal masalah  yang merupakan program linear
  • Menentukan fungsi objektif dan kendala dari program linear
  • Menggambar daerah fisibel dari program linear
  • Merumuskan model matematika dari masalah program linear
 

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

 

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

14 x 45’

 

Sumber:

  • · Buku Kompetensi Matematika Kelas XII Jilid 3 Program IPS, Johanes, dkk, Penerbit Yudhistira
  • · Buku referensi lain
  • · Jurnal
  • · Internet

 

Alat *):

  • · Laptop
  • · LCD
  • · OHP

 

 

2.3  Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya

 

 

  • Gemar membaca
  • Rasa ingin tahu
  • Mandiri
  • Kreatif
  • Kerja keras
  • Disiplin
  • Jujur

 

 

Solusi program linear

 

  • Mencari penyelesaian optimum sistem pertidaksamaan linear dengan menentukan titik pojok dari daerah fisibel atau menggunakan garis selidik
  • Menafsirkan penyelesaian dari masalah program linear
 

§  Menentukan nilai optimum dari fungsi objektif

§  Menafsirkan solusi dari masalah program linear

 

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

 

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

14 x 45’

 

Sumber:

  • · Buku Kompetensi Matematika Kelas XII Jilid 3 Program IPS, Johanes, dkk, Penerbit Yudhistira
  • · Buku referensi lain
  • · Jurnal
  • · Internet

 

Alat *):

  • · Laptop
  • · LCD
  • · OHP

 

 

 

 

STANDAR KOMPETENSI:

3.     Menggunakan matriks dalam pemecahan masalah.

 

Kompetensi Dasar

Karakter

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Waktu

Sumber Belajar

 

3.1. Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain

 

 

 

 

 

 

  • Gemar membaca
  • Rasa ingin tahu
  • Mandiri
  • Kreatif
  • Kerja keras
  • Disiplin
  • Jujur

 

 

Matriks

§ Pengertian matriks

§ Operasi dan sifat matriks

§ Matriks persegi

 

 

 

 

 

 

  • Mencari data-data yang disajikan dalam bentuk baris dan kolom
  • Menyimak sajian  data dalam bentuk matriks
  • Mengenal unsur-unsur matriks
  • Mengenal pengertian ordo dan jenis matriks
  • Melakukan operasi  aljabar matriks : penjumlahan, pengurangan, perkalian dan sifat-sifatnya
  • Mengenal matriks invers melalui perkalian dua matriks persegi yang menghasilkan matriks satuan
 

  • Mengenal  matriks persegi
  • Melakukan operasi aljabar atas dua matriks
  • Menurunkan sifat-sifat operasi matriks persegi melalui contoh
  • Mengenal invers matriks persegi

 

 

 

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

 

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

8 x 45’

 

Sumber:

  • · Buku Kompetensi Matematika Kelas XII Jilid 3 Program IPS, Johanes, dkk, Penerbit Yudhistira
  • · Buku referensi lain
  • · Jurnal
  • · Internet

Alat *):

  • · Laptop
  • · LCD
  • · OHP
 

3.2. Menentukan determinan dan invers matriks  2 x 2

 

 

 

 

  • Gemar membaca
  • Rasa ingin tahu
  • Mandiri
  • Kreatif
  • Kerja keras
  • Disiplin
  • Jujur

 

 

  • Determinan matriks
  • Invers matriks

 

 

 

 

 

 

  • Mendeskripsikan determinan suatu matriks
  • Menggunakan algoritma untuk menentukan nilai determinan matriks pada soal
  • Menemukan rumus untuk mencari invers  dari matriks 2 x 2

 

 

  • Menentukan diterminan matriks 2 x 2
  • Menentukan invers dari matrks 2 x 2

 

 

 

 

 

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

 

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

8 x 45’

 

Sumber:

  • · Buku Kompetensi Matematika Kelas XII Jilid 3 Program IPS, Johanes, dkk, Penerbit Yudhistira
  • · Buku referensi lain
  • · Jurnal
  • · Internet

 

Alat *):

  • · Laptop
  • · LCD
  • · OHP
 

3.3. Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel

 

 

  • Gemar membaca
  • Rasa ingin tahu
  • Mandiri
  • Kreatif
  • Kerja keras
  • Disiplin
  • Jujur

 

 

Penerapan matriks pada sistem persamaan linear

 

  • Menyajikan masalah  sistem persamaan linear dalam bentuk matriks
  • Menentukan invers dari matriks koefisien pada persamaan matriks
  • Menyelesaikan persamaan matriks dari sistem persamaan linear 2 variabel

 

 

 

 

  • Menentukan persamaan matriks dari sistem persamaan linear
  • Menyelesaian sistem persamaan linear dua variabel  dengan matriks invers
 

 

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

 

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

10 x 45’

 

Sumber:

  • · Buku Kompetensi Matematika Kelas XII Jilid 3 Program IPS, Johanes, dkk, Penerbit Yudhistira
  • · Buku referensi lain
  • · Jurnal
  • · Internet

 

Alat *):

  • · Laptop
  • · LCD
  • · OHP

 

 

 

 

 

SILABUS

Nama Sekolah              : SMA

Mata Pelajaran             : MATEMATIKA

Kelas/Program             : XII / IPS

Semester                      : 2

 

STANDAR KOMPETENSI:

4.     Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.

 

Kompetensi Dasar

 

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Waktu

Sumber Belajar

 

4.1 Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Gemar membaca
  • Rasa ingin tahu
  • Mandiri
  • Kreatif
  • Kerja keras
  • Disiplin
  • Jujur
  • Komuni katif
  • Toleransi
  • Tanggung jawab

 

 

o    Pola bilangan

o    Barisan bilangan

o    Barisan dan deret aritmetika dan geometri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Mendiskusikan pola dan barisan bilangan
  • Merumuskan definisi barisan dan notasinya
  • Merumuskan  barisan aritmetika
  • Menghitung suku ke-n  barisan aritmetika
  • Merumuskan  barisan geometri
  • Menghitung suku ke-n  barisan geometri
  • Menghitung jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri
  • Mendiskusikan sisipan dari barisan aritmetika dan geometri
  • Mendiskusikan deret geometri tak hingga
 

  • Menjelaskan arti barisan dan deret
  • Menemukan rumus barisan dan deret aritmetika
  • Menemukan rumus barisan dan deret geometri
  • Menghitung suku ke-n dan jumlah n suku deret aritmetika dan deret geometri

 

 

 

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

 

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

10 x 45’

 

Sumber:

  • · Buku Kompetensi Matematika Kelas XII Jilid 3 Program IPS, Johanes, dkk, Penerbit Yudhistira
  • · Buku referensi lain
  • · Jurnal
  • · Internet

 

Alat *):

  • · Laptop
  • · LCD
  • · OHP
 

4.2 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret

 

 

  • Gemar membaca
  • Rasa ingin tahu
  • Mandiri
  • Kreatif
  • Kerja keras
  • Disiplin
  • Jujur

 

 

Model matematika dari masalah deret

 

  • Menyatakan masalah yang merupakan masalah deret dan menentukan variabelnya

 

  • Menyatakan kalimat verbal dari masalah deret ke dalam model matematika

 

 

  • Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan deret
  • Merumuskan model matematika dari masalah deret

 

 

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

 

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

10 x 45’

 

Sumber:

  • · Buku Kompetensi Matematika Kelas XII Jilid 3 Program IPS, Johanes, dkk, Penerbit Yudhistira
  • · Buku referensi lain
  • · Jurnal
  • · Internet

 

Alat *):

  • · Laptop
  • · LCD
  • · OHP

 

 

4.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret dan menafsirkan solusinya

 

 

  • Gemar membaca
  • Rasa ingin tahu
  • Mandiri
  • Kreatif
  • Kerja keras
  • Disiplin
  • Jujur

 

 

Solusi dari masalah deret

 

 

  • Mencari penyelesaian dari model matematika yang telah diperoleh

 

  • Menafsirkan penyelesaian dari suatu masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret

 

 

 

  • Menentukan penyelesaian  model matematika yang berkaitan dengan deret

 

  • Memberikan tafsiran terhadap hasil penyelesaian yang diperoleh

 

 

 

 

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

 

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

14 x 45’

Sumber:

  • · Buku Kompetensi Matematika Kelas XII Jilid 3 Program IPS, Johanes, dkk, Penerbit Yudhistira
  • · Buku referensi lain
  • · Jurnal
  • · Internet

 

Alat *):

  • · Laptop
  • · LCD
  • · OHP

 

 

Talang Kelapa,   18   JULI   2011

Mengetahui,

KepalaSekolah                                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,

 

 

Rustam Dermawan, S.Pd, M.Pd                                                                                                                       Drs. Suyatno

NIP 19650310 198911 1 002                                                                                                                           NIP 19650414 199403 1 004

 

 

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s